Minggu, 08 Mei 2022

Buku Saku Coping Strategy pada Kondisi Darurat Bencana di Komunitas Remaja

  • Mei 08, 2022
  • Penerbit NEM

 



Bencana alam dapat berbuntut pada gangguan mental stres. Stres merupakan suatu keadaan tertekan baik secara fisik mupun psikologis. Stres bersumber dari frustasi dan konflik yang dialami individu yang dapat berasal dari berbagai bidang kehidupan manusia. Stres dapat timbul di semua usia termasuk remaja. Remaja lebih terpengaruh oleh situasi stres karena perasaan ketidakpastian. Tingkat dan kemampuan remaja untuk mengatasinya tergantung pada faktor risiko dan ketahanan mental yang berhubungan dengan individu dan keluarga atau orangtua. Gangguan dalam kesehatan jiwa remaja memiliki dampak yang signifikan terhadap aspek lainnya seperti penyesuaian diri, konsentrasi berkurang, masalah dalam prestasi, dan hubungan interaksi sosial.

Stres dan rasa cemas yang dialami remaja tidak hanya muncul pada kondisi bencana saja, akan tetapi terkadang muncul pada kehidupan sehari-hari. Memang benar, hal ini tergolong wajar. Akan tetapi, jika remaja tidak memiliki kemampuan untuk melakukan mekanisme koping, lama-kelamaan stres dapat menyebabkan gangguan mental dan berdampak buruk pada keseharian. Lalu, apa yang dimaksud dengan mekanisme koping dan bagaimana melakukannya?

Nah, buku saku ini akan membahas mengenai Coping Strategy pada Kondisi Darurat Bencana di Komunitas Remaja. Coping strategy, merupakan strategi yang bisa dilakukan oleh remaja dalam menghadapi situasi yang menyebabkan stres atau trauma psikologis. Strategi tersebut sangat bermanfaat dalam membantu remaja mengatur perasaan emosional yang muncul akibat situasi penyebab stres tersebut. Dengan menggunakan strategi ini remaja bisa mengontrol hati, pikiran, dan perasaan agar tidak mengalami gangguan psikologis yang lebih parah lagi.

Beli Buku: