Kamis, 07 Juli 2022

Analisis Korelasi dan Regresi

  • Juli 07, 2022
  • Penerbit NEM

 


Buku ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada peneliti dalam menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi. Analisis korelasi dan regresi keduanya mempelajari hubungan antarvariabel. Analisis korelasi digunakan untuk mengetahui arah hubungan, kuat hubungan, dan signifikansi hubungan antara dua variabel. Sedangkan analisis regresi digunakan untuk mengetahui signifikansi pengaruh satu atau beberapa variabel bebas terhadap satu variabel bebas.

Pada analisis korelasi dipelajari penggunaan cara menghitung koefisien korelasi berbagai jenis korelasi, antara lain korelasi Pearson, Spearman, Kendall’s Tau, Gamma, Somers’d, Phi and Cramer’s V, Lambda, Contingency Coefficient, Uncertainty Coefficient, Eta, serta koefisien korelasi parsial. Pada analisis regresi dipelajari model regresi, uji parameter regresi secara simultan dan parsial, keselarasan model dengan data (goodness of fit), dan asumsi model regresi. Pembahasan dibatasi pada regresi tunggal dan ganda. Dengan harapan, setelah mempelajari buku ini peneliti dapat menggunakan analisis korelasi atau analisis regresi dalam melakukan analisis hubungan antarvariabel.

Buku ini digunakan sebagai pelengkap untuk mempelajari analisis korelasi dan analisis regresi yang pembahasannya diberikan menggunakan program aplikasi statistika atau software statistika.

Beli Buku: