Senin, 08 Agustus 2022

Akupresur dan Aromaterapi: Metode Tradisional Komplementer dalam Mengatasi Ketidaknyamanan pada Masa Kehamilan Berdasarkan Bukti

  • Agustus 08, 2022
  • Penerbit NEM

 




Paradigma pelayanan kebidanan saat ini telah mengalami pergeseran. Selama satu dekade ini, asuhan kebidanan dilaksanakan dengan mengkombinasikan pelayanan kebidanan konvensional dan komplementer, serta telah menjadi bagian penting dari praktik kebidanan. Asuhan Kebidanan Tradisional Komplementer adalah asuhan kebidanan dengan penerapan tradisional yang memanfaatkan ilmu biomedis dan biokultural dalam penjelasannya serta manfaat dan keamanannya terbukti secara ilmiah yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dengan kualitas, keamanan, dan efektivitas yang tinggi.

Kehamilan merupakan proses yang fisiologis, pada saat kehamilan ibu akan mengalami banyak perubahan baik fisik maupun psikologis. Perubahan fisik dan psikologis pada ibu hamil dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada masa kehamilan, oleh karena itu ibu hamil membutuhkan asuhan untuk mengurangi ketidaknyamanan. Metode tradisional komplementer merupakan alternatif dalam mengatasi ketidaknyamanan selama masa kehamilan. Buku ini berisi tentang Akupresur dan Aromaterapi sebagai metode tradisional komplementer untuk mengatasi ketidaknyaman pada ibu hamil berdasarkan hasil penelitian.


Beli Buku: