Minggu, 02 Oktober 2022

Gaya Mengajar Sepakbola

  • Oktober 02, 2022
  • Penerbit NEM

                                                             




Dalam proses belajar mengajar perhatian peserta didik terhadap materi pelajaran menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan oleh pendidik. Dalam jumlah peserta didik yang besar biasanya ditemukan kesukaran untuk mempertahankan perhatian peserta didik agar tetap pada materi pelajaran yang diberikan. Misalnya faktor penjelasan pendidik yang kurang mengenai sasaran, situasi di luar kelas yang dirasakan peserta didik lebih menarik daripada materi yang diberikan pendidik, serta peserta didik kurang menyenangi materi pelajaran. Kurang senangnya peserta didik disebabkan gaya belajar mengajar yang kurang bervariasi.

 

Pendidik harus yang mampu menempatkan diri dan pandai mengambil hati peserta didik serta menggunakan gaya mengajar dan pendekatan yang sesuai dengan psikologis peserta didik. Keterampilan dasar mengajar bagi pendidik diperlukan agar pendidik dapat melaksanakan perannya dalam pengelolaan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Salah satunya yaitu variasi mengajar.

 

Variasi mengajar berperan penting dalam proses pembelajaran yang bertujuan meningkatkan dan memelihara perhatian peserta didik terhadap relevansi proses belajar mengajar. Gaya mengajar merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran, menciptakan suasana lingkungan belajar dan memilih aktivitas pembelajaran, maka gaya mengajar merupakan suatu pola. Terdapat beberapa gaya mengajar yang dikemukakan dalam buku ini di antaranya: 1) gaya mengajar resiprokal, 2) gaya mengajar latihan/praktik, 3) gaya mengajar inklusi, dan 4) gaya mengajar periksa diri.

                                                             PEMBELIAN BUKU: