Senin, 05 September 2022

Psikoterapi Suportif & VDOT (Video Directly Observed Therapy) untuk Meningkatkan Kepatuhan Keluarga dalam Mendampingi Pengobatan Pasien dengan Gangguan Jiwa

  • September 05, 2022
  • Penerbit NEM

                                                                 




Buku ini digunakan sebagai pedoman dalam melakukan intervensi Psikoterapi Suportif dan VDOT untuk meningkatkan kepatuhan keluarga dalam merawat pasien dengan gangguan jiwa.

 

Buku pedoman intervensi ini dibuat berdasarkan teori selfcare orem. Teori orem menjelaskan bahwa apabila selfcare agency tidak sebanding dengan selfcare demand, maka akan terjadi selfcare deficit pada seseorang individu. Model ini tepat dilakukan pada keluarga karena tujuan akhir dari keperawatan keluarga adalah kemandirian keluarga dalam upaya pelayanan kesehatan terkait dengan lima tugas kesehatan keluarga yaitu mengenal masalah, mengambil keputusan untuk mengatasi masalah, merawat anggota keluarga, memodifikasi lingkungan dan menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan secara tepat. Psikoterapi Suportif dan VDOT merupakan intervensi yang dapat meningkatkan kepatuhan keluarga dalam melakukan perawatan pada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa. Buku ini diperuntukkan bagi petugas kesehatan penanggungjawab kesehatan jiwa di puskesmas yang dilengkapi dengan materi dan SPO (standar prosedur operasional).


                                                                 PEMBELIAN BUKU: