Minggu, 18 September 2022

Penyuluhan Kesehatan Tingkatkan Pengetahuan Ibu dalam Mencegah Stunting

  • September 18, 2022
  • Penerbit NEM

                                                                   






Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, hal ini menyebabkan adanya gangguan di masa yang akan datang yakni mengalami kesulitan dalam mencapai perkembangan fisik dan kognitif yang optimal. Anak stunting mempunyai Intelligence Quotient (IQ) lebih rendah dibandingkan rata-rata IQ anak normal.

Ada perbedaan pengetahuan, sikap, dan praktik yang signifikan sebelum dan setelah intervensi dengan media audio visual dalam pencegahan stunting. Pendidikan kesehatan menggunakan metode audio visual dapat meningkatkan pengetahuan ibu dalam pemenuhan gizi pada anak dengan stunting serta pola asuh anak stunting. Terdapat pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktik ibu tentang pencegahan stunting.

Diharapkan buku ini berguna bagi ibu-ibu yang saat ini sedang berproses untuk hamil serta panduan ibu yang memiliki bayi dan balita, buku ini dapat dijadikan sumber bacaan bagi mahasiswa maupun tenaga kesehatan serta masyarakat pada umumnya. Penulis menyadari segala keterbatasan dalam buku ini, semoga melalui buku ini dengan segala kekurangannya dapat menjadi berkat yang bermanfaat bagi penulis. Besar harapan melalui ini, dapat digunakan sebagai upaya memberikan pengetahuan kepada khalayak masyarakat baik awam maupun tenaga medis untuk ikut bersama dalam rangka menurunkan angka kejadian stunting serta dapat digunakan sebagai dasar dalam menerapkan deteksi dini sebagai bentuk pencegahan kejadian stunting.

 

                                                                 PEMBELIAN BUKU: