Minggu, 04 Desember 2022

Panduan Praktis Sukses Sertifikasi Halal (Jilid 1)

  • Desember 04, 2022
  • Penerbit NEM

            


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan pilar terpenting dalam perekenomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Mikro, pada tahun 2020 jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta unit. Namun, menurut data Kemenkeu pada tahun 2022 jumlah UMKM yang telah memiliki sertifikat halal hanya 1%. Hal ini sangat ironi, dikarenakan saat ini pemerintah sedang menggalakkan wisata halal dan penerapan Undang-Undang Jaminan Produk Halal yang mewajibkan seluruh produk yang beredar di Indonesia harus bersertifikat halal.

 

Buku ini dibuat oleh praktisi yang telah membantu banyak UMKM dalam memperoleh sertifikasi halal, serta disempurnakan oleh auditor LPPOM MUI yang telah berpengalaman dalam melakukan pemeriksaan sertifikasi halal. Sehingga informasi yang disajikan terstandar dan sangat mudah diaplikasikan oleh pelaku usaha UMKM.

 

Buku ini terbagi menjadi beberapa bagian. Di antaranya adalah (1) Kondisi Sertifikasi Halal di Indonesia, (2) Pengetahuan Halal-Haram, (3) Sejarah Perkembangan Sertifikasi Halal, (4) Penerapan Praktis Implementasi Sistem Jaminan Halal, dan (5) Panduan Sertifikasi Halal UMKM, yang mencakup panduan pembuatan izin usaha.

 

Keunggulan dari buku ini adalah isi yang disajikan sangat lengkap, disertai dengan contoh-contoh praktis, dan mudah dipahami sehingga UMKM yang membaca akan mendapat gambaran nyata bagaimana cara menerapkan sistem jaminan produk halal di usahanya, serta bagaimana melakukan proses pendaftaran sertifikasi halal. Perlu diketahui bahwa sertifikasi halal merupakan proses yang panjang, yang harus melibatkan beberapa perizinan dari beberapa instansi. Saat ini, panduan yang dibuat oleh instansi tersebut masih bersifat sektoral dan tidak berhubungan satu sama lain sehingga UMKM akan kesulitan memahaminya.

 

Buku ini juga bisa digunakan di dalam dunia pendidikan tinggi, khususnya dosen dan mahasiswa. Hal ini dikarenakan adanya rencana pemerintah untuk melibatkan perguruan tinggi dalam membantu UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal.

                                                            PEMBELIAN BUKU: