Minggu, 08 Januari 2023

Kualitas Pelayanan : Manajemen SDM dan Budaya Organisasi

  • Januari 08, 2023
  • Penerbit NEM

  


Sumber Daya Manusia merupakan unsur strategis dalam menentukan akselerasi pencapaian tujuan suatu organisasi publik. Manajemen SDM yang terencana dan berkelanjutan merupakan kebutuhan yang mutlak terutama untuk masa depan organisasi publik. Dalam kondisi ini, manajemen dituntut untuk mengembangkan cara baru untuk meningkatkan potensi agar memberikan kontribusi kualitas pelayanan yang maksimal yang dapat memuaskan masyarakat manakala pegawainya belum memahami dan menguasai tentang tugas pokok dan fungsinya.

 

Selain manajemen SDM, budaya organisasi juga menjadi faktor penting dalam menentukan kualitas layanan dalam sebuah organisasi publik. Budaya organisasi merupakan pola keyakinan dan nilai-nilai organisasi yang dipahami, dijiwai, dan dipraktikkan oleh personil organisasi sehingga pola tersebut memberikan arti tersendiri dan menjadi dasar aturan berperilaku dalam organisasi. Aspek dalam nilai-nilai budaya organisasi dapat memenuhi harapan organisasi, sehingga para anggota organisasi mendapatkan kepuasan kerja dalam kerjanya, aspek tersebut bisa berwujud inovasi yang dihargai tinggi dalam budaya organisasi, penghargaan akan kesamaan derajat di antara semua anggota yang dipegang teguh dalam organisasi, atau juga nilai-nilai hubungan bawahan dan atasan yang tidak jelas

 

Kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kinerja aparatur/personil organisasi publik sebagai ujung tombak dalam memberikan layanan kepada masyarakat dalam mewujudkan menjalankan visi misi dengan menjaga kinerja sebagai bukti pengabdian kepada negara dan masyarakat berdasarkan dengan amanah UUD 1945.

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: