Senin, 27 Februari 2023

Pola Penyakit Tuberkulosis (TBC) di Provinsi Jawa Timur : Analisis Spasial dan Determinannya

  • Februari 27, 2023
  • Penerbit NEM

 





Penyakit TBC menjadi perhatian bangsa Indonesia dan global karena tingginya angka kesakitan dan kematian akibat TBC ini. Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi kedua tertinggi di Indonesia dalam jumlah kejadian TBC. Analisis spasial berguna untuk mengetahui pola spasial kejadian TBC dan hubungan spasial antara TBC dengan determinannya, sehingga dapat ditanggulangi lebih tepat dan berbasis kewilayahan.

 

Buku ini membahas distribusi spasial dan hubungan spasial antara TBC dengan determinannya di Provinsi Jawa Timur tahun 2015-2019. Secara spasial beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur memiliki autokorelasi spasial lokal yang signifikan pada kuadran low-low dan high-low dan terdapat autokorelasi spasial lokal antara TBC dengan kepadatan penduduk, kemiskinan, rumah sehat, jenis lantai tanah, rumah tangga ber-PHBS, dan rasio fasilitas kesehatan terhadap penduduk pada beberapa wilayah di Provinsi Jawa Timur.

 

Implementasi epidemiologi spasial disajikan dalam buku ini dengan bahasa yang sederhana dan contoh kasus yang aktual step by step. Harapannya, hal demikian itu dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para pembaca sehingga tidak ada lagi alasan di kalangan peneliti atau masyarakat pemerhati kesehatan masyarakat khususnya penyakit TBC tidak memahami analisis spasial dan penerapannya pada penyakit TBC.

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: