Minggu, 11 Juni 2023

Mengatasi Kecemasan dengan Terapi Hipnotis Lima Jari

  • Juni 11, 2023
  • Penerbit NEM

           



Terapi hipnotis lima jari adalah salah satu metode self hipnosis yang dapat menimbulkan efek relaksasi yang tinggi, sehingga mampu mengurangi ketegangan dan stres dari pikiran seseorang. Hipnotis lima jari adalah suatu terapi yang menggunakan jari sebagai media untuk distraksi yang bertujuan untuk pemrograman diri, menghilangkan kecemasan dengan melibatkan saraf parasimpatis dan akan menurunkan peningkatan kerja jantung, pernafasan, tekanan darah, kelenjar keringat, dan lain-lain. Relaksasi lima jari dapat menekan rasa tegang sehingga timbul perasaan rileks dan penghilangan. Perasaan rileks akan diteruskan ke hipotalamus untuk menghasilkan Corticotropin Releasing Hormone (CRH) dan (CRH) mengaktifkan anteriorpituitary untuk mensekresi enkephalin dan endorphin yang berperan sebagai neotransmiter yang memengaruhi suasana hati menjadi rileks dan senang.

 

Buku ini memberikan gambaran mendetail tentang pengaruh terapi hipnotis lima jari terhadap kecemasan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dan dapat dijadikan aplikasi dalam keperawatan tentang pelaksanaan terapi hipnotis lima jari untuk memberikan perasaan tenang dan nyaman dalam menghadapi ansietas.

 

Dengan membaca buku ini, pembaca akan menambah pengetahuan dan wawasan keilmuan tentang pengaruh terapi hipnotis lima jari terhadap kecemasan masyarakat. Untuk menambah kesempurnaan buku ini perlu disajikan jenis terapi yang lain yang lebih efektf dan efisien dalam menurunkan kecemasan.

                                                PEMBELIAN BUKU: