Rabu, 16 Agustus 2023

Antropologi Kesehatan : Dalam Konteks Keperawatan

  • Agustus 16, 2023
  • Penerbit NEM

     





Kesehatan adalah kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan. Pemahaman tentang kesehatan telah bergeser seiring dengan waktu. Peranan dalam ilmu kesehatan di masyarakat adalah memberikan pemahaman tentang sikap individu yang diteliti tentang kesehatan, penyakit, pengobatan tradisional, terhadap pantangan-pantangan kebisaaan dan makanan. Masyarakat memiliki latar belakang budaya, stratifikasi sosial yang berbeda dalam berinteraksi di lingkungan.

 

Buku antropologi kesehatan ini membahas tentang sejarah perkembangan antropologi kesehatan, stratifikasi sosial, interaksi sosial, perilaku kesehatan, kelompok sosial, dinamika masyarakat, konsep sehat-sakit, ciri-ciri sakit, kepercayaan sebagai kekuatan dalam kehidupan, sistem medis, pandangan antropologi kesehatan terhadap terjadinya penyakit, norma-norma dalam kehidupan masyarakat, antropologi dalam praktik keperawatan, transkultural dalam praktik keperawatan, proses keperawatan transcultural nursing yang meliputi: pengkajian, diangnosa keperawatan, perencanaan dan pelaksanaan, evaluasi keperawatan.

 

Bagi para pembaca diharapkan buku ini dapat dipahami dan membantu perawat dalam mengaplikasikan asuhan keperawatan untuk individu maupun masyarakat banyak.

 

                                                             PEMBELIAN BUKU: