Selasa, 22 Agustus 2023

Belajar Sambil Bermain Lore Kesehatan

  • Agustus 22, 2023
  • Penerbit NEM

                







Kebudayaan adalah komplektisitas dari suatu sistem terpadu yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, nilai, moral, hukum, dan adat istiadat yang mengatur manusia sebagai anggota masyarakat bagaimana berperilaku atau berhubungan dengan orang lain, seperti berbicara, bekerja, bermain, kesenian, dan lain sebagainya. Sehingga mengikat suatu masyarakat yang memberikan kepadanya rasa memiliki jati diri. Dengan demikian, dapat dimaknai bahwa eksistensi budaya adalah keberadaan nilai-nilai yang dihargai, didukung, dan diharapkan dalam kehidupan masyarakat meskipun telah terjadi pergantian generasi.

Berkaitan dengan permainan satu di antaranya adalah permainan Lore yang merupakan permainan tradisional atau permainan anak nagari di Minangkabau. Permainan ini merupakan kekayaan budaya lokal dan sudah berumur puluhan tahun yang diwariskan secara turun-temurun dan telah mulai ditinggalkan oleh generasi penerus karena tergerus oleh permainan digital. Bila ditelaah lebih dalam permainan Lore ini memiliki pembelajaran dan mengandung nilai-nilai budaya lokal yang perlu dilestarikan dari generasi ke generasi sebagai bagian dari penguatan identitas kultural suatu masyarakat. 

Buku ini berisikan tentang permainan Lore dengan menggunakan arena yang dimodifikasi dan ditambahkan dengan konsep kesehatan yaitu delapan indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah. Buku ini juga dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran dalam pembentukan karakter berperilaku sehat yang dimulai sejak usia dini. Dalam buku ini, juga ditulis macam dan jenis permainan tradisional Minangkabau lainnya atau disebut juga dengan permainan anak nagari.


                                                              PEMBELIAN BUKU: