Selasa, 22 Agustus 2023

Hubungan Kadar Interleukin 6 (IL-6) dengan Kadar Small Dense-Low Density Lipoprotein (sd-LDL) pada Pasien Penyakit Jantung Koroner (PJK)

  • Agustus 22, 2023
  • Penerbit NEM

              





Di Indonesia salah satu penyakit kardiovaskular yang terus-menerus menempati urutan pertama adalah penyakit jantung koroner. Berdasarkan diagnosis/gejala, estimasi jumlah penderita penyakit jantung koroner terbanyak terdapat di Provinsi Jawa Timur sebanyak 375.127 orang (1,3%), sedangkan jumlah penderita paling sedikit ditemukan di Provinsi Papua Barat, yaitu sebanyak 6.690 orang (1,2%). PJK terutama terjadi karena aterosklerosis. Yang paling mendasari terjadinya PJK yaitu dislipidemia aterogenik yang dapat memicu pembentukan plak aterosklerosis di arteri koroner. Dislipidemia aterogenik yang telah dikenal antara lain peningkatan trigliserida, peningkatan asam lemak bebas, penurunan kolesterol HDL, rasio kolestero/kolesterol HDL yang meningkat, dan peningkatan small dense LDL (sd-LDL).

 

Terdapat beberapa mekanisme yang terlibat dalam pathogenesis aterosklerosis pada Penyakit Jantung Koroner (PJK), salah satu mekanisme yang menjadi topik hangat adalah proses inflamasi. Ada beberapa sitokin sebagai reaksi inflamasi dan kerusakan jaringan pada pasien penyakit jantung koroner antara lain interleukin 6 (IL-6), Interleukin 1 (IL-1), Tumor Necrosis Factor (TNF α). IL-6 khususnya, sitokin inflamasi kuat yang dihasilkan oleh beberapa jenis sel, termasuk makrofag yang teraktifasi, sel endotel dan otot polos, telah diakui sebagai penanda potensi terkait dengan kejadian kardiovaskular contohnya PJK, IL-6 juga memengaruhi tindakan beragam seluler, termasuk efek pada trombosit, endothelium, faktor metabolism, dan koagulasi. 

                                                              PEMBELIAN BUKU: