Rabu, 30 Agustus 2023

Integrasi Model DL-CTL untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik

  • Agustus 30, 2023
  • Penerbit NEM

        



Belajar melalui Discovery Learning membuat peserta didik berkembang potensi intelektualnya. Dengan menggunakan hubungan dan keteraturan dari materi yang sedang dipelajari, peserta didik menjadi lebih mudah mengingat konsep, struktur atau rumus yang telah ditemukan. Model Discovery Learning merupakan suatu cara menyampaikan bahan ajar sedemikian hingga belajar yang terjadi memungkinkan peserta didik untuk menemukan hal baru, berdasarkan serentetan pengalaman yang lampau. Dalam awal kegiatan model ini, peserta didik dituntut untuk melakukan aktivitas mental untuk memahami keterangan-keterangan yang dihadapkan dan peserta didik dituntut benar- benar aktif.

 

Pembelajaran kontekstual adalah terjemahan dari istilah Contekstual Teaching and Learning (CTL). Pembelajaran kontekstual didasarkan pada hasil penelitian John Dewey (1916) yang menyimpulkan bahwa peserta didik akan belajar dengan baik jika apa yang dipelajari terkait dengan apa yang telah diketahui dan dengan kegiatan atau peristiwa yang terjadi disekelilingnya.

 

Buku ini membahas tentang penerapan gabungan antara kedua model pembelajaran tersebut. Pengintegrasian dalam pembelajaran dengan menggunakan dua model yaitu Discovery Learning dengan Contextual Teaching and Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan keterkaitan setiap subjek, materi ajar antara Discovery Learning dengan Contextual Teaching and Learning selanjutnya disebut dengan model pembelajaran hasil integrasi Discovery Learning dengan Contextual Teaching and Learning. Model ini diharapkan lebih bermakna bagi peserta didik


                                                              PEMBELIAN BUKU: