Minggu, 10 September 2023

Kesejahteraan Psikologis Ibu Hamil melalui Intervensi Psikoedukasi LASTRI

  • September 10, 2023
  • Penerbit NEM

           




Kesejahteraan psikologis memiliki peran dalam memotivasi dan mempertahankan perilaku kesehatan positif. Kajian yang mengukur antara kesejahteraan psikologis dengan perilaku kesehatan pada ibu hamil belum banyak dilakukan, namun beberapa kajian menunjukkan adanya hubungan positif antara kesejahteraan psikologis dengan perilaku kesehatan pada individu. Kesejahteraan psikologis identik dengan kebahagiaan dengan proses pemenuhan pada individu. Konstruk kesejahteraan psikologis dapat menjadi faktor protektif terhadap kesehatan mental individu. Huffman juga menyampaikan bahwa kebahagiaan dan optimisme berkaitan dengan perilaku kesehatan yang baik terhadap prognosis penyakit jantung.

 

Oleh karena itu ibu hamil yang memiliki kesejahteraan psikologis yang baik diharapkan memiliki kesehatan mental yang lebih baik dan menunjang kesehatan fisik yang lebih baik dan ditunjang dengan perilaku kesehatan yang baik. Huppert menjelaskan bahwa emosi positif yang muncul karena kesejahteraan psikologis yang baik akan memengaruhi kesehatan fisik dan kelangsungan hidup individu. Sikap yang positif terhadap kehamilan dan persalinan menjadi prediktor signifikan terhadap kemandirian dalam kesejahteraan psikologis. Selain itu individu yang memiliki kesejahteraan psikologis yang baik minim mengalami kecemasan, stres maupun depresi.

 

Buku ini mendorong peningkatan kesejahteraan psikologis melalui intervensi psikoedukasi kelas ibu hamil terintegrasi bagi ibu hamil.

 

 

                                                              PEMBELIAN BUKU: