Senin, 25 September 2023

Modul Praktikum Farmasi Fisika

  • September 25, 2023
  • Penerbit NEM

                                 




Farmasi fisika adalah bidang ilmu yang mempelajari penggunaan dari sifat-sifat fisika kimia suatu zat aktif dalam pembuatan bentuk sediaan obat yang baik dan memenuhi standar persyaratan yang telah ditetapkan. Farmasi fisika dapat pula dinyatakan suatu kajian atau cabang ilmu hubungan antara fisika (sifat-sifat fisika) dengan kefarmasian (sediaan farmasi, farmakokinetik, serta farmakodinamiknya) yang mempelajari tentang analisis kualitatif serta kuantitatif senyawa organik dan anorganik yang berhubungan dengan sifat fisikanya serta menganalisis pembuatan dan pengujian hasil akhir dari sediaan obat. Materi ini penting diketahui dan dipelajari untuk menerapkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam perancangan, pembuatan, dan penjaminan mutu sediaan farmasi.

 

Buku modul praktikum farmasi fisika ini disusun secara praktis yang berisi materi, bahan praktikum, dan prosedur pengerjaan yang memudahkan pembaca untuk memahaminya.

 

Materi praktikum dalam buku modul ini membahas mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam melakukan praktikum kimia farmasi diantaranya bobot jenis dan kerapatan, tegangan permukaan, viskositas dan rheologi, mikromeritik/ukuran partikel, emulsivikasi, disolusi obat, kelarutan, fenomena distribusi, dan stabilitas obat. Harapan penulis dengan terbitnya buku modul praktikum kimia farmasi ini dapat menjadi pedoman dan sumber referensi bagi mahasiswa farmasi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. 

                                                             PEMBELIAN BUKU: