Minggu, 08 Oktober 2023

Produktivitas Pranata Laboratorium Pendidikan Perguruan Tinggi

  • Oktober 08, 2023
  • Penerbit NEM

 



Produktifitas laboran sebuah laboratorium berkontribusi bagi perkembangan lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Produktivitas Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) terbentuk karena faktor-faktor seperti etika kerja, budaya kerja, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional. Produktivitas berperan penting dalam membangun keberhasilan organisasi mewujudkan target. Organisasi wajib menjamin produktivitas kerja tumbuh optimal dengan melakukan rekrutmen anggota yang kompeten dan berperilaku positif.

 

Etika kerja Islam mengacu pada seperangkat perilaku etis yang disarankan oleh Islam, seperti keadilan, kejujuran, keadilan, kedermawanan, dan amanah. Etos kerja membentuk kemampuan konseptual yang kreatif, inovatif, berkomitmen (bonding), peningkatan karier, hingga rekognisi dari lingkungan kerja. Etos kerja adalah bagian dari akhlak seperti al-shalah (baik dan manfaat), al-itqan (sepenuh hati), al-ihsan (kebaikan), al-mujadalah (kerja keras), tanafus (peningkatan), ta’awun (membantu), dan cermat terhadap waktu. Bonding atau ikatan antara pekerja dan organisasi membutuhkan komitmen. Etika kerja yang baik membentuk budaya kerja yang semakin baik. Komitmen organisasional, etika kerja Islam berkaitan kuat dengan teori pertukaran sosial (social exchange theory). Komitmen organisasional (afektif, berkelanjutan, dan normatif) menumbuhkan ikatan anggota terhadap organisasi.

 

Budaya kerja penting dikembangkan karena dampak positifnya terhadap pencapaian perubahan berkelanjutan di tempat kerja termasuk peningkatan produktivitas (kinerja). Budaya kerja Islami seperti shidiq (berperilaku benar), istiqomah (konsisten), fathonah (cerdas memahami pekerjaan), amanah (bertanggung jawab terhadap pekerjaan), tabligh (kemampuan berkomunikasi yang baik) merupakan aktualisasi segala potensi iman, untuk memberikan kepuasan kerja, optimisme, inovasi, dan nilai-nilai kerja sama bagi manusia dan lingkungan. Pekerja yang memiliki tingkat kepuasan kerja tinggi akan memiliki perasaan positif hingga ikatan yang kuat terhadap pekerjaannya dan sebaliknya.

  

                                                              PEMBELIAN BUKU: