Senin, 27 November 2023

Konsep Dasar IPS : Pembelajaran Social Collaborative Masyarakat Industri Berbasis Kearifan Lokal

  • November 27, 2023
  • Penerbit NEM

 


Bagaimana ilmu sosial itu dapat diimplementasikan dalam dinamika perubahan masyarakat? Apa dampak berkolaborasi dalam implementasi ilmu sosial? Akankah pemecahan masalah sosial teratasi dengan projek sosial kolaboratif? Bagaimana hasil projek sosial dapat mempertahankan eksistensi masyarakat industri berbasis kearifan lokal?

 

Pembelajaran ilmu sosial selama ini diimplementasikan dengan paradigma pemahaman konsep. Padahal perubahan sosial budaya masyarakat penting disesuaikan dengan relevansi kehidupan masa kini. Perubahan sosial budaya membutuhkan kepekaan individu terhadap lingkungan sosialnya. Peka terhadap masalah sosial yang terjadi dan memiliki respons serta persepsi positif terhadap perbaikan ketimpangan sosial yang terjadi dibutuhkan individu untuk mengatasi setiap masalah sehari-hari dalam konteks masyarakat.

 

Buku ini menghadirkan informasi mengenai bagaimana merespons perubahan, melakukan analitis logis terhadap peluang, dan menanggapi perubahan secara realistis melalui kolaborasi sosial dengan masyarakat melalui desain projek sosial. Respons realistis, menggali data, mengembangkan potensi, dan melakukan tindakan dalam menghadapi perubahan ditunjukkan melalui pelaksanaan projek sosial secara kolaboratif dengan masyarakat agar tantangan dan penyelesaian permasalahan teraplikasikan pada masyarakat.


                                                               PEMBELIAN BUKU: