Kamis, 16 November 2023

Wonokerto Heritage : Genealogi dan Historisitas Desa Wonokerto dalam Data dan Fakta

  • November 16, 2023
  • Penerbit NEM

 



Buku ini telah berhasil menggali kekhasan dan turut memperkaya konteks lokalitas pembangunan desa Indonesia. Semoga, terbitnya buku ini mampu menginspirasi desa-desa seluruh Indonesia dalam membangun desa berdasarkan akar sejarah dan budayanya, menuju Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, berkepribadian, dan berlandaskan gotong-royong.

Prof. (H.C.) Dr. (H.C.) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd.

(Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi)

Buku merupakan produk kebudayaan yang dapat mencerminkan kemajuan peradaban. Oleh karena itu, ke depan saya mendorong lahirnya buku-buku lain yang dapat bermanfaat dalam rangka pemajuan kebudayaan dan menggiatkan budaya literasi di Kabupaten Batang.

Dra. Lani Dwi Rejeki, M.M.

(PJ. Bupati Batang)

Semoga melalui taklim sejarah masa lampau dalam buku ini, masyarakat Desa Wonokerto dapat terbangunkan nilai-nilai edukasi warisan pendidikan Islam seperti tadabbur, tadzakkur, tafakkur sebagai sarana menuju taklim bil khikmah untuk Desa Wonokerto.

Prof. Dr. H. M. Sugeng Solehudin, M.Ag.

(Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam UIN K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan)

Buku ini adalah sebuah kesaksian yang nilainya sungguh tak terjangkau oleh apapun. Kisah-kisah di dalamnya sarat makna yang menjadi bahan renungan bagi masa depan. Kisah-kisah dalam buku ini adalah jawaban bagi kegelisahan jiwa-jiwa yang meronta. Pelajari, pahami, hayati, dan maknai. Kelak buku ini akan menjadi sebuah bukti sejarah bahwa desa adalah irisan surga yang sesungguhnya.

Ribut Achwandi, S.Sos., M.Hum.

(Budayawan)

Selain sebagai referensi, meningkatkan hubungan sosial, memberikan motivasi hidup, Buku ini juga diharapkan sebagai bahan pertimbangan perencanaan pembangunan desa untuk kesejahteraan masyarakat. Kami siap berkomiten mendukung penulisan tentang desa-desa dan/atau kelurahan di Kabupaten Batang.

Suparapto, S.Sos., M.Si.

(Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Batang)

Buku ini baik sebagai usaha mengawali menggali sejarah/babad Desa Wonokerto dan dapat digunakan sebagai acuan/rujukan penulisan di masa yang akan datang.

Kyai Ahmad Fatoni

(Sesepuh Desa Wonokerto)

Dengan terbitnya buku ini, semoga warga Desa Wonokerto mampu mempertahankan tradisi dan budaya yang baik dan mampu melanjutkan cita-cita para leluhur dengan mengedepankan kerukunan dalam bingkai nasionalisme kebhinekaan. Setiap orang tidak hanya tunjuk tangan namun mau untuk turun tangan demi desa.

Juono, S.Pd.I.

(Kepala Desa Wonokerto)

 

                                                               PEMBELIAN BUKU: