Jumat, 01 Desember 2023

Stunting : Penyebabnya di Indonesia dan Negara Berkembang

  • Desember 01, 2023
  • Penerbit NEM

 


Stunting merupakan keadaan ketidaktercapaian tinggi badan sesuai umur akibat dari kurang gizi dalam waktu lama. Stunting bukan merupakan penyakit menular namun merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dampak buruk jangka pendek dapat menyebabkan terganggunya otak, kecerdasan, gangguan pertumbuhan fisik, dan gangguan metabolisme dalam tubuh. Jangka panjang dapat menimbulkan menurunnya kemampuan kognitif dan prestasi belajar, menurunnya kekebalan tubuh sehingga mudah sakit, postur tubuh pendek, dan lain sebagainya.

 

Dampak tersebut tidak hanya memengaruhi masa depan anak namun juga memengaruhi masa depan suatu bangsa. Oleh karena itu, pemerintah dunia termasuk Indonesia sedang berlomba-lomba dalam menurunkan angka kejadian stunting. Berbagai upaya sedang dilakukan termasuk bekerja sama dengan lintas sektor guna menurunkan angka kejadian stunting. Dalam menentukan upaya pencegahan dan menekan angka kejadian stunting akan sangat efektif jika dilakukan dengan memetakan faktor-faktor penyebab stunting.

 

Buku ini membahas faktor-faktor yang menyebabkan stunting dan bagaimana faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan stunting. Untuk mengetahui faktor-faktor tersebut penulis sangat merekomendasikan buku ini.


                                                               PEMBELIAN BUKU: