Senin, 08 Januari 2024

Buah Bligo (Benincasa hispida) dan Daun Kersen (Muntingia calabura) sebagai Antidiabetik

  • Januari 08, 2024
  • Penerbit NEM

 


Lansia (lanjut usia) adalah tahap lanjut dari suatu proses kehidupan yang ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan, keadaan yang ditandai oleh kegagalan seseorang untuk mempertahankan keseimbangan terhadap kondisi stres fisiologis. Lansia merupakan salah satu kelompok usia yang rentan terhadap suatu penyakit. Beberapa penyakit yang sering diderita lansia di antaranya asam urat, hipertensi, gula darah tinggi atau diabetes. Kebanyakan pengobatan penyakit tersebut adalah terapi farmakologi namun terapi farmakologi memiliki beberapa efek samping yang serius, sehingga banyak usaha yang dilakukan untuk menemukan alternatif yang lebih aman dari obat-obatan tersebut terutama sumber-sumber yang berasal dari alam. Salah satu di antaranya pengobatan untuk diabetes mellitus adalah buah bligo dan daun kersen.

 

Buah bligo memiliki sifat antioksidan, 93% air, 0,3%-0,5% protein dan abu dari pulp, karbohidrat, serat, dan beberapa jenis vitamin. Senyawa aktif yang terkandung pada buah bligo yaitu alkaloid, flavonoid, glikosida, vitamin, mineral, dan beta sitosterin.

 

Buku ini berisi tentang manfaat buah bligo dan daun kersen untuk penderita diabetes mellitus. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana, harapannya, buku ini dapat menambah pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan bahan alam sebagai alternatif pengobatan diabetes mellitus.

 

                                                                PEMBELIAN BUKU: