Senin, 15 Januari 2024

Buku Ajar Fikih Muamalah

  • Januari 15, 2024
  • Penerbit NEM

 


Fikih muamalah merupakan ilmu yang membahas mengenai aturan Allah yang wajib ditaati dan mengatur hubungan antar sesama manusia dalam kaitannya dengan kehartabendaan dalam bentuk transaksi yang modern atau kekinian. Untuk itu ilmu fikih muamalah ini bersifat urgent sebagai bahan ajar mahasiswa dan pemerhati ekonomi Islam dalam mempelajari ekonomi secara mendalam.

 

Buku ini merupakan panduan komprehensif yang membahas prinsip-prinsip dasar dan aplikasi praktis fikih muamalah dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini mencoba membawa pembaca untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam konteks muamalah atau transaksi, bisnis, dan interaksi sosial.

 

Secara terperinci, buku ini mengulas tentang Fikih dan Syariah dalam Islam, Konsep dan Prinsip Dasar Fikih Muamalah, Konsep Akad dalam Muamalah, Transaksi Ribawi dalam Fikih Islam, serta Hukum-hukum yang Berkaitan dengan Berbagai Transaksi dalam Muamalah, seperti Jual Beli, Gadai, Qiradh, Wadi’ah, Wakalah, Kafalah, dan Akad-akad Lainnya. Setiap konsep disertai dengan penjelasan yang mendalam, syarat-syarat yang harus dipenuhi, serta penerapannya dalam konteks nyata. Penulis tidak lupa memberikan tinjauan terhadap konteks kasus-kasus aktual atau kontemporer yang melibatkan muamalah, serta memberikan solusi berdasarkan prinsip-prinsip fikih muamalah

 

Dengan gaya penulisan yang mudah dipahami dan pendekatan yang sistematis, Buku Ajar Fikih Muamalah ini diharapkan dapat menjadi panduan yang berguna bagi mahasiswa, praktisi, akademisi, dan siapa pun yang tertarik untuk memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip fikih muamalah dalam kehidupan sehari-hari secara lebih mendalam.


                                                                PEMBELIAN BUKU: