Senin, 01 Januari 2024

Jurnalisme Profetik : Sebuah Pemikiran Wartawan Senior Parni Hadi dalam Membangun Jurnalis yang Berkualitas

  • Januari 01, 2024
  • Penerbit NEM

 


Dalam era teknologi internet saat ini, semua orang bebas dan bisa melaksanakan kegiatan menyebarkan informasi melalui berbagai platform yang tersedia di internet. Namun kegiatan penyebaran informasi itu tidak banyak yang memaknai untuk apa menyebarkan informasi, apa maknanya, apa dampaknya, apa keuntungannya, dan berbagai pertimbangan lainnya. Ruang publik yang terbuka itu tentu bisa mendorong masyarakat menyebarkan informasi yang dilakukan tanpa proses klarifikasi, jika begitu khawatir produk informasi itu menyesatkan cara berpikir maupun bertindak khalayak. Begitu juga bagi mereka yang saat ini sebagai pekerja pada media massa baik cetak, elektronik maupun sekarang yang cukup banyak digandrungi masyarakat yakni media daring, bisa saja terjebak terbawa arus informasi yang salah karena mengikuti informasi yang sedang ramai tersebar di dunia internet.

 

Dalam buku ini membahas tentang memaknai bagaimana melaksanakan tugas jurnalistik, kemudian mengemas informasi sehingga menjadi produk jurnalistik yang memiliki makna, nilai-nilai, kebenaran, kejujuran, dampak positif, dan tujuan yang jelas untuk kebaikan khalayak.

 

Buku ini membahas tentang bagaimana menjadi jurnalis, menjadi pekerja pers itu adalah ibadah, memberikan kebaikan untuk menuju tatanan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Begitu juga, tugas jurnalis tidak hanya mencari informasi fakta-fakta di lapangan, kemudian mengemas dan melaporkannya, tapi ada tujuan lain dari semua itu yakni bisa membantu sesama dengan kekuatan karya jurnalistiknya.

 

Buku ini cocok dibaca oleh kalangan yang saat ini sedang terjun di bidang pekerjaan jurnalistik, akademisi, mahasiswa, pegiat media sosial, dan masyarakat umum.

 

                                                               PEMBELIAN BUKU: