Senin, 01 April 2024

Buku Ajar Agroekosistem Pertanian Tropika Basah

  • April 01, 2024
  • Penerbit NEM

 



Wilayah iklim tropis secara geografis berada di sekitar ekuator, terletak di antara garis lintang 23.5 derajat LU (Tropic of Cancer) dan 23.5 derajat LS (Tropic of Capricorn). Merupakan daerah terluas yang mencakup 40 persen wilayah bumi, sebagian besar negara yang terletak di iklim tropis terdapat di benua Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Wilayah yang termasuk iklim tropis dapat dibedakan menjadi daerah tropis kering yang meliputi stepa, savanna kering, dan gurun pasir, dan daerah tropis lembap yang meliputi hutan hujan tropis, daerah-daerah dengan musim basah dan savanna lembap.

 

Hutan tropis lembap memiliki peranan penting bagi kelangsungan mahluk hidup di bumi, bukan hanya sebagai penyuplai oksigen terbesar di dunia, tetapi rumah bagi setengah populasi flora dan fauna di dunia. Kalimantan Timur berada dalam daerah iklim tropis basah atau daerah hangat lembap yang ditandai dengan kelembapan udara yang relatif tinggi, curah hujan yang tinggi, temperatur tahunan antara 20°C-36°C, dan perbedaan antar musim tidak terlalu terlihat. Bioma hutan hujan tropis memiliki ciri-ciri vegetasi tumbuhan hijau sepanjang tahun, pohon-pohon tinggi, jenisnya sangat banyak, epifit, dan liana. Jenis tanah didominasi oleh Ultisols, Inceptisols, dan Entisols.

 

Hubungan yang erat dan saling memengaruhi terjadi antara vegetasi, tanah, dan iklim. Kajian iklim dalam arti luas sangat penting untuk memahami pengaruh iklim terhadap vegetasi atau tumbuhan. Parameter pertumbuhan tanaman dapat menjadi indikator untuk mengetahui bagaimana iklim berpengaruh terhadap tanaman. Hubungan antara beberapa unsur cuaca dan parameter pertumbuhan tanaman dijelaskan secara teoritis disertai beberapa data terkait. Buku ini diharapkan dapat berguna bagi para mahasiswa dan pihak-pihak yang mempelajari dan berkecimpung di bidang pertanian, kehutanan, dan lingkungan serta bidang terkait lainnya.


                                                                PEMBELIAN BUKU: