Selasa, 02 April 2024

Posyandu Remaja : Tingkatkan Pengetahuan Gaya Hidup dan Peran sebagai Konselor Sebaya

  • April 02, 2024
  • Penerbit NEM

 


Buku ini membahas tentang keberadaan posyandu remaja yang merupakan solusi dan dapat ditawarkan di masyarakat. Dengan adanya posyandu remaja diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan serta kesehatan reproduksi remaja. Posyandu sudah menjadi hal yang penting ada di tengah masyarakat. Posyandu selain berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi dan keterampilan dari petugas kepada masyarakat dan antar sesama masyarakat juga untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dasar terutama berkaitan dengan penurunan AKI, AKB dan AKABA (Kemenkes RI, 2012).

 

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Posyandu remaja itu sendiri merupakan pengembangan dari posyandu mandiri yang merupakan suatu usaha untuk mempersiapkan remaja yang berkualitas sebagai generasi penerus bangsa.

 

Tujuan posyandu remaja adalah memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, memberikan pengetahuan pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dan NAPZA bagi remaja, menciptakan wadah generasi muda di masing-masing desa sebagai wadah pembinaan dan memahami pentingnya gaya hidup sehat. Kegiatan posyandu remaja terdiri dari pelayanan kesehatan dasar seperti penimbangan dan pengukuran tekanan darah, penyuluhan tentang masalah Kespro Remaja dan permasalahan yang dialami remaja pada umumnya seperti NAPZA, seksualitas, HIV/AIDS.


                                                                PEMBELIAN BUKU: