Kamis, 20 Juni 2024

Kumbi : Antara Tradisi, Budaya, dan Kesehatan

  • Juni 20, 2024
  • Penerbit NEM



Keragaman suku di Papua sering kali melahirkan konflik, terutama karena persoalan kecil yang kemudian diperbesar dengan identitas kesukuan atau keagamaan. Namun, keragaman ini juga berhasil membentuk kepribadian dan sistem moral masyarakat Papua. Untuk menyelesaikan konflik, hampir setiap suku dan adat di Papua memiliki mekanisme kultural yang dibangun untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi. Namun, kekayaan ini sering tenggelam oleh diskursus politik dan konflik kepentingan di Papua.

 

Salah satu tradisi yang masih terjaga di Papua adalah tradisi “perang suku” di wilayah Kabupaten Puncak, pegunungan tengah Papua. Tradisi ini menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat suku Dani yang menunjukkan kekuatan dan eksistensi mereka di antara suku-suku lainnya.

 

Tradisi kumbi, yang dilakukan selama perang suku, memiliki banyak makna dan manfaat dalam masyarakat Papua. Tradisi ini melibatkan pertarungan fisik antara suku-suku Dani yang bertujuan untuk menunjukkan keberanian dan kekuatan mereka. Selama perang, tradisi kumbi membebaskan setiap wanita untuk terlibat dalam hubungan seks dengan pria yang terlibat dalam pertempuran. Ini dianggap sebagai pengikat tali persaudaraan selama konflik dan untuk membela kepentingan kelompoknya.

 

Namun, tradisi ini memiliki dampak serius terhadap kesehatan, termasuk penularan penyakit menular seksual (IMS), kehamilan tidak diinginkan, dan dampak psikologis akibat penolakan hubungan seksual, terutama bagi wanita yang dipaksa selama perang. Selain itu, tradisi ini meningkatkan risiko luka-luka yang dapat menjadi pintu masuk bagi berbagai infeksi.

 

Buku ini menyajikan gambaran yang mendalam tentang bagaimana tradisi budaya dapat memiliki dampak yang serius terhadap kesehatan masyarakat, dan menyoroti pentingnya upaya untuk mengatasi dan memahami dampak-dampak tersebut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat suku Dani.

 

                                                                   PEMBELIAN BUKU: