Senin, 01 Juli 2024

Edukasi tentang Keputihan (Flour Albus)

  • Juli 01, 2024
  • Penerbit NEM


Keputihan ialah di mana keluarnya cairan berwarna putih dari genitalia perempuan dan bukan merupakan darah. Keputihan juga dapat menyerang wanita mulai dari usia muda, usia reproduksi sehat maupun usia tua dan tidak mengenal tingkat pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya.

 

Keputihan juga dinamakan leukorea yang merupakan keluarnya suatu cairan selain darah dari liang vagina di luar kebiasaan, baik berbau ataupun tidak, disertai rasa gatal. Keputihan disebabkan oleh infeksi biasanya juga di sekitar bibir vagina disertai rasa gatal dan yang sering menimbulkan keputihan yaitu bakteri, virus, jamur, atau parasit. Akibat dari keputihan sangat fatal bila terlambat ditangani tidak hanya mengakibatkan kemandulan dan hamil di luar kandungan dikarenakan terjadi penyumbatan pada saluran tuba, keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim.

 

Keputihan yang fisiologis terjadi akibat pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang dihasilkan selama proses ovulasi. Setelah ovulasi, terjadi peningkatan vaskularisasi dari endometrium yang dapat menyebabkan endometrium menjadi sembab. Kelenjar endometrium menjadi berliku-liku dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron dari korpus luteum sehingga mensekresikan cairan jernih yang dikenal dengan keputihan.

 

Keputihan jenis patologis disebut juga sebagai keputihan tidak normal. Jenis keputihan patologis termasuk ke dalam jenis penyakit. Keputihan patologis dapat menyebabkan berbagai efek dan hal ini sangat mengganggu bagi kesehatan wanita pada umumnya dan khususnya kesehatan daerah kewanitaan. Keputihan patologis merupakan keputihan yang terjadi karena adanya infeksi bakteri, jamur yang di mana cairan keluar banyak dan terus-menerus dari vagina.

   

                                                                   PEMBELIAN BUKU: