Jumat, 17 Desember 2021

Buku Ajar Asuhan Kebidanan Persalinan

  • Desember 17, 2021
  • Penerbit NEM

 


Asuhan kebidanan merupakan sebuah asuhan yang berkesinambungan, mulai dari kehamilan, persalinan, nifas, BBL, sampai dengan KB. Asuhan persalinan merupakan salah satu siklus dari asuhan kebidanan tersebut. Pada masa persalinan terjadi beberapa perubahan baik fisik maupun psikologi, ketika memberikan asuhan pada ibu bersalin baik dosen maupun mahasiswa membutuhkan sumber pustaka sebagai sarana untuk belajar.

Buku ajar ini berisi materi tentang Konsep Dasar Persalinan, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Persalinan, Perubahan Fisiologi dan Psikologi Ibu Bersalin. Dalam buku ini juga berisi Konsep Dasar Asuhan Kebidanan pada Ibu Bersalin Kala I, Konsep Dasar Asuhan Kebidanan pada Ibu Bersalin Kala II, Konsep Dasar Asuhan Kebidanan pada Ibu Bersalin Kala III & IV sampai dengan penjahitan perineum dan bagaimana mengatasi penyulit dalam persalinan.

Buku Ajar Asuhan Persalinan Normal ini diharapkan dapat diintegrasikan dalam kurikulum kebidanan yang sudah ada dan dijadikan acuan bagi mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan pengajaran mata kuliah yang sesuai dengan materi-materi dalam buku ini, di institusi pendidikan tenaga kesehatan khususnya kebidanan. Selain itu, dengan menerapkan buku ini diharapkan lulusan yang dihasilkan akan memiliki keterampilan dalam pelayanan asuhan persalinan yang memadai dan berkualitas sehingga pada akhirnya tujuan MDG’s yaitu menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Anak dapat tercapai.