Kamis, 16 Desember 2021

EKONOMI MIKRO

  • Desember 16, 2021
  • Penerbit NEM


Manusia dihadapkan pada kendala keterbatasan sumber daya sementara keinginan manusia sifatnya tidak terbatas. Untuk itu, ilmu ekonomi mikro berusaha menjawab hal tersebut. Seorang konsumen berusaha bagaimana memaksimumkan kepuasan dengan anggaran yang dimiliki, sedangkan produsen berusaha mendapatkan keuntungan maksimum dengan mengoptimumkan modal yang ada. Teori perilaku konsumen menjelaskan bagaimana seorang konsumen mencapai tujuannya memaksimumkan kepuasan dan teori produksi menjelaskan bagaimana produsen mengalokasikan sumber daya agar tercapai keuntungan maksimum.

Konsumen dan produsen dipertemukan dalam mekanisme pasar, di mana terjadi permintaan oleh konsumen dan penawaran oleh produsen. Apabila permintaan dan penawaran bertemu di titik yang sama maka akan tercipta keseimbangan pasar (market equilibrium) namun apabila permintaan dan penawaran tidak bertemu di titik yang sama maka terjadi ketidakseimbangan pasar.

Secara garis besar terdapat empat struktur pasar yaitu pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, dan persaingan monopolistik. Pembagian struktur pasar ini berdasarkan pada jumlah produsen dan konsumen dalam pasar. Masing-masing pasar ini memiliki karakteristik yang berbeda.

Buku ajar Ekonomi Mikro ini berusaha menyajikan konsep-konsep di atas secara ringkas dan sederhana. Buku ini dilengkapi contoh-contoh soal sebagai bahan pengayaan dan latihan bagi mahasiswa.