Minggu, 13 Februari 2022

Perspektif Pendidikan: Gagasan Strategi, Evaluasi, dan Manajemen Pendidikan

  • Februari 13, 2022
  • Penerbit NEM



Pendidikan di era disrupsi sekarang ini dituntut untuk melakukan inovasi di segala bidang. Pendidikan harus membangun pendekatan baru yang mencerahkan guna membangun optimisme dalam menjawab tantangan zaman. Penyegaran tersebut harus dilakukan di segala tahap seperti strategi, evaluasi, sampai manajemen pendidikan. Buku ini berisi tentang gagasan penyegaran dalam dunia pendidikan dari ketiga hal tersebut. Strategi dan evaluasi pembelajaran merupakan pekerjaan rumah bagi pendidik, selanjutnya manajemen merupakan pekerjaan rumah bagi pengelola lembaga pendidikan. Dan dua bagian inilah yang berhadapan langsung dengan peserta didik sehingga berkaitan langsung dengan suksesnya pembelajaran. Buku ini ditulis dari sudut praktisi pendidikan berlandaskan teori-teori pendidikan. Dengan menggunakan bahasa yang lugas dan ilmiah, buku ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih pengetahuan kepada penggiat-penggiat pendidikan di negeri ini.

“Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui sistem pendidikan merupakan pekerjaan rumah bersama di tengah masalah pendidikan yang tak kunjung usai. Buku ini sangat menarik karena berisi tentang gagasan segar tentang kajian dalam dunia pendidikan. Apresiasi kepada para penulis yang di samping kesibukannya sebagai pendidik di sekolah masing-masing dan peserta didik di Pascasarjana IAIN Pekalongan ternyata masih menyempatkan waktunya untuk menulis. Saya sangat mendukung dengan hadirnya buku ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk banyak orang.”

Rohmatun (DPRD Kab. Batang Komisi B Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kesejahteraan)


“Tantangan dunia pendidikan di era sekarang sangatlah kompleks, sehingga penyelesaian problematika dalam dunia pendidikan membutuhkan kerja sama dan kekompakan dari hulu sampai hilir. Buku ini mampu menghadirkan semangat pembaharuan dari bawah berkaitan dengan inovasi di bidang strategi, manajemen, dan evaluasi pendidikan. Tradisi menulis ilmiah semacam ini harus memiliki ruang khusus dalam diri seorang pendidik. Sehingga dengan kuatnya tradisi literasi ini diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.”

Labib Maimun, M.Pd. (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan)



 BELI BUKU: