Rabu, 26 Juli 2023

Habitat dan Tingkah Laku Ikan

  • Juli 26, 2023
  • Penerbit NEM

                       





Tingkah laku ikan didefinisikan sebagai perubahan internal pada ikan yang dapat diamati dari luar dan mengarah pada perubahan respon terhadap rangsangan dari luar. Tingkah laku ikan sangat tergantung oleh faktor adaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan sensorik pada ikan menunjukkan interaksi tingkah laku ikan terhadap lingkungan. Salah satu organ sensori yang memengaruhi perilaku ikan terhadap lingkungan adalah mata.

 

Perilaku ikan juga disebut sebagai perubahan internal pada ikan berdasarkan habitat, dan atau karakteristik yang mengarah pada perubahan kebiasaan makhluk hidup terhadap lingkungannya. Hal tersebut berkaitan erat dengan adaptasi dengan lingkungannya. Proses adaptasi dapat ditunjukkan dengan perubahan baik di dalam maupun di luar tubuh ikan.

 

Studi terkait tingkah laku ikan digunakan sebagai informasi dasar untuk berbagai macam penelitian di bidang perikanan. Selain itu, informasi tentang tingkah laku ikan dapat dimanfaatkan untuk menentukan jenis alat tangkap yang sesuai untuk dioperasikan atau mengetahui respons ketertarikan ikan terhadap suatu objek agar lebih mudah dalam mengumpulkan ikan. Banyak ikan menghabiskan seluruh hidupnya dalam hidup berkelompok. Pola berkelompoknya tergantung pada spesies ikan, cara hidup, umur, serta pada banyak faktor biotik dan abiotik lingkungan. Kontak dan interaksi antara individu dalam suatu kelompok didasarkan pada berbagai tanggapan perilaku masing-masing ikan. Perilaku sosial adalah konsep yang kompleks, di dalamnya terdapat bagaimana cara hidup kelompok, termasuk strategi keseluruhan pemanfaatan ruang, mode mencari makan, menghindari predator, dan reproduksi.

 

                                                    PEMBELIAN BUKU: