Kamis, 09 November 2023

Kenali Stunting Sejak Dini

  • November 09, 2023
  • Penerbit NEM

 



Stunting merupakan bentuk kegagalan pertumbuhan (growth faltering) panjang atau tinggi badan akibat akumulasi ketidakcukupan nutrisi yang berlangsung lama, mulai dari kehamilan sampai usia 24 bulan. Keadaan ini diperparah dengan tidak terimbanginya kejar tumbuh (catch up growth) yang memadai. Indikator yang digunakan untuk mengidentifikasi balita stunting adalah berdasarkan indeks tinggi badan menurut umur. Menurut standar WHO child growth standar dengan kriteria stunting jika nilai z score TB/U < -2 Standar Deviasi (SD).

 

Stunting berdampak pada peningkatan risiko kesakitan dan kematian, perkembangan motorik terlambat, dan terhambatnya pertumbuhan mental, lebih rentan terhadap penyakit infeksi, mengalami penurunan prestasi akademik yang selanjutnya akan berpengaruh pada rendahnya kualitas sumber daya manusia, berisiko mengalami penurunan kemampuan intelektual, produktivitas rendah, meningkatkan risiko overweight dan obesitas yang terus berlangsung lama akan meningkatan risiko kejadian penyakit degeneratif pada saat dewasa.

 

Buku ini membahas lebih rinci mengenai upaya penanggulangan stunting serta berbagai pengalaman negara berkembang termasuk Indonesia dalam mengatasi stunting. Harapannya, dengan buku ini dapat menambah pengetahuan dan kepedulian kita agar dapat mencegah stunting sedini mungkin, sehingga negara kita akan bebas stunting.


                                                               PEMBELIAN BUKU: