Kamis, 09 November 2023

Stunting dan Pencegahan Pernikahan Dini

  • November 09, 2023
  • Penerbit NEM

 



Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Kekurangan gizi dalam waktu yang lama itu terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak (1000 Hari Pertama Kelahiran).

 

Masalah balita pendek menggambarkan adanya masalah gizi kronis, dipengaruhi dari kondisi ibu/calon ibu, masa janin, dan masa bayi/balita, termasuk penyakit yang diderita selama masa balita. Seperti masalah gizi lainnya, tidak hanya terkait masalah kesehatan, namun juga dipengaruhi berbagai kondisi lain yang secara tidak langsung memengaruhi kesehatan. Oleh karenanya, upaya perbaikan harus meliputi upaya untuk mencegah dan mengurangi gangguan secara langsung (intervensi gizi spesifik) dan upaya untuk mencegah dan mengurangi gangguan secara tidak langsung (intervensi gizi sensitif).

 

Buku ini membahas tentang stunting dan pencegahan pernikahan usia dini yang merupakan penyebab tidak langsung terjadinya stunting. Ibu yang menikah di usia remaja rentan kekurangan nutrisi, bahkan di masa kehamilan dan laktasi yang akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak.



                                                               PEMBELIAN BUKU: