Senin, 11 Desember 2023

Pengolahan Data dan Analisa Statistik dengan Eviews

  • Desember 11, 2023
  • Penerbit NEM

 


Eviews (Econometric Views) adalah salah satu dari sekian banyak software atau program aplikasi komputer untuk menganalisis data statistik. Program Eviews bisa digunakan untuk melakukan analisis cross section dan panel data serta melakukan estimasi dan peramalan data time series, meliputi analisis keuangan, peramalan makro ekonomi, simulasi, peramalan penjualan hingga analisis biaya. Eviews dikembangkan oleh Quantitative Micro Software (QMS).

 

Buku ini membahas tentang penggunaan aplikasi Eviews dalam menganalisis data penelitian, menyajikan istilah-istilah statistika yang ada dalam Aplikasi Eviews. Selain itu, buku ini juga memberikan tutorial bagaimana menggunakan aplikasi Eviews dengan metode analisis regresi linier berganda, analisis regresi data panel, dan pengujian forecasting, serta menjelaskan tahapan-tahapan pengolahan data dan penjelasan kriteria kelayakan suatu data yang akan digunakan dalam penelitian.

 

Buku ini ditujukan sebagai buku panduan dan pegangan serta penunjang referensi yang dapat membantu mahasiswa, dosen dan peneliti dalam melakukan penelitian sesuai bidang ilmu dan kebutuhan seorang peneliti. Pembahasan dalam buku ini terdiri dari 13 bagian: Bagian 1 Pengenalan Dasar Eviews, Bagian 2 Statistik Deskriptif Eviews, Bagian 3 Regresi Linier Berganda, Bagian 4 Uji Normalitas, Bagian 5 Uji Glesjer, Bagian 6 Uji White, Bagian 7 Uji Breusch Pagan Godfrey, Bagian 8 Uji Multikolonearitas, Bagian 9 Uji Auto Korelasi, Bagian 10 Uji LM-Test, Bagian 11 Uji LM Breusch Godfrey, Bagian 12 Uji Regresi Dummy, dan Bagian 13 Uji Forecasting.

 

                                                               PEMBELIAN BUKU: