Rabu, 31 Januari 2024

Panduan Komprehensif Tes dan Pengukuran dalam Berbagai Cabang Olahraga

  • Januari 31, 2024
  • Penerbit NEM

 



Tes dan pengukuran sangat penting untuk mengetahui peningkatan kebugaran jasmani seseorang dan sangat berguna untuk mengetahui perkembangan keterampilan seorang atlet. Dalam bidang olahraga, keterampilan masing-masing olahraga bisa saja berbeda antara satu cabang dengan cabang yang lain, sehingga buku ini ditulis untuk memberikan referensi tes dan pengukuran yang dapat dilakukan sesuai dengan masing-masing cabang olahraga yang digeluti.

 

Dalam tes dan pengukuran ada beberapa hal yang perlu dipenuhi sehingga tes tersebut dinyatakan sesuai. Yang pertama adalah validitas, yaitu ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya. Reliabilitas, merupakan kepercayaan, keterandalan, keajegan, kestabilan, konsistensi, dan sebagainya. Objektivitas adalah derajat kesamaan hasil dari dua atau lebih pengambil tes. Norma, menunjukkan kedudukan seseorang peserta tes di antara kelompoknya.

 

Buku ini memberikan panduan beberapa tes dan pengukuran dalam beberapa cabang olahraga. Sehingga setiap cabang olahraga yang membutuhkan tes dan pengukuran dapat menggunakan buku ini sebagai pedoman.

  

                                                                PEMBELIAN BUKU: