Senin, 06 Juli 2020

Metode Pemahaman Hadis: Studi Komparatif Pemikiran Syuhudi Ismail dan Ali Mustafa Ya'qub

  • Juli 06, 2020
  • Penerbit NEM
Sebuah pengetahuan (termasuk penafsiran hadis) diciptakan melalui interaksi sosial tempat terkonstruksnya kebenaran-kebenaran bersama dan membandingkan apa yang benar dan apa yang salah. Dalam pandangan tertentu, beberapa bentuk tindakan menjadi alami, sedangkan bentuk-bentuk tindakan lain tidak bisa dipertimbangkan. Sehingga, otentitas sebuah hadis mungkin saja bisa terpelihara, akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi distorsi makna mengingat sebuah teks tidak bisa terlepas dari pengaruh subjektifitas pencerita,pembaca/pendengar, dan konteks keduanya.

Hadis sebagai teks masa lalu, yang terkodifikasi jauh setelah masa Nabi SAW, dan diimplementasikan dari generasi ke generasi, dituntut tetap relevan diberlakukan pada setiap waktu dan tempat, sebab sifatnya yang shahih li kulli zaman wa makan. Pemahaman yang benar terhadap matan (mean/idea) hadis sangat penting dalam upaya mendudukkan dan mengamalkannya agar sesuai dengan yang dikehendaki oleh syari’ (Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam). Sehingga mengharuskan ulama hadis membuat konsep dan metode tertentu dalam memahami hadis Nabi SAW. Tidak terkecuali ulama dan pemerhati hadis Indonesia, Syuhudi Ismail dan Ali Mustafa Ya’qub.

Kedua tokoh hadis Nusantara di atas, telah melakukan upaya untuk mengungkap kembali apa yang sudah dilakukan oleh ulama hadis sebelumnya tentang metode pemahaman hadis, sekaligus menawarkan beberapa metode baru yang dapat digunakan dalam memahami hadis (yang kesemuanya) mengarah kepada kontekstualisasi hadis. Pertimbangan aspek sosiologi, antropologi geografi dan budaya, adalah sebagian dari beberapa langkah pemahaman hadis yang sebelumnya kurang familiar bagi sebagian pemerhati hadis.

Buku ini perlu dibaca oleh pengkaji hadis, mahasiswa dan masyarakat secara umum, yang tertarik mengkaji ilmu-ilmu keislaman terutama bidang ilmu hadis utamanya yang terkait dengan syarah hadis.

Pemesanan klik Di Sini