Selasa, 04 Agustus 2020

E-Book Pembelajaran Kreatif

  • Agustus 04, 2020
  • Penerbit NEM

Perkembangan teknologi yang pada mulanya ditujukan untuk mempermudah hidup manusia kemudian secara tidak langsung juga mempengaruhi terjadinya perubahan di masyarakat. Kemudian secara timbal balik masyarakat akhirnya dituntut untuk memiliki kemampuan yang dapat mengoperasikan dan menguasai teknologi yang semakin berkembang dari industri ke arah komputerisasi dan jejaring (networking).  Hal ini selanjutnya  mempengaruhi paradigma dan trend pembelajaran, yang semula bersifat tradisional dengan tatap muka langsung antara mahasiswa dengan dosen bergeser menjadi blended learning yang memadukan pembelajaran tradisional dengan elektronik (e-learning) untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan perkembangan teknologi tersebut.

Selain karena perkembangan teknologi, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini memaksa pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan untuk dilaksanakan lebih banyak secara virtual/daring daripada secara tatap muka. Berbagai metode pembelajaran secara daring telah dikembangkan agar tidak menimbulkan kebosanan, karena masa pandemi ini belum dapat diketahui kapan akan berakhirnya. Setidaknya pembelajaran secara daring diharapkan dapat mengatasi masalah kebosanan selama ini ketika menjalankan pembelajaran tradisional. Beberapa di antaranya adalah dengan metode syncronous dan asyncronous. 

Agar pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik maka diperlukan suatu wadah yang dapat mengorganisasikan jalannya pembelajaran dan mendokumentasikan seluruh materi bahan ajar yang sebaiknya disediakan oleh masing-masing institusi pendidikan, yaitu Learning Management System (LMS). LMS suatu institusi diharapkan dapat mewadahi penyelenggaraan pembelajaran virtual/daring meliputi penyampaian bahan ajar, pengumpulan tugas, ujian, hingga praktikum virtual. Dalam buku ini akan membahas lebih lanjut mengenai berbagai macam platform dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengadakan proses pembelajaran, ujian, dan praktikum virtual secara daring.