Senin, 31 Agustus 2020

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Model Penilaian terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Numerik Peserta Didik: Suatu Eksperimen pada Peserta Didik SMPN di Jakarta Timur

  • Agustus 31, 2020
  • Penerbit NEM

 

Hasil belajar matematika selama tiga tahun terakhir menunjukkan angka yang masih rendah, belum dapat memenuhi target KKM yang telah diprogramkan. Hampir setiap pelaksanaan ulangan harian target terpenuhinya nilai sesuai KKM belum mencapai 75 persen, sehingga perlu dicari penyelesaiannya. Begitu juga hasil penilaian yang diperoleh peserta didik baik pada saat Ulangan Tengah Semester, Ulangan Umum Bersama (UUB) maupun Ujian Nasional (UN) untuk mata pelajaran matematika merupakan nilai yang terendah dibandingan dengan nilai mata pelajaran lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu kajian secara cermat dan mendalam mengenai faktor-faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar matematika peserta didik. Yang pada garis besarnya faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Sekolah sebagai salah satu faktor eksternal diduga ikut mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika, melalui metode ataupun pendekatan mengajar, kurikulum, relasi pendidik dengan peserta didik, relasi peserta didik dengan peserta didik, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran di atas ukuran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas rumah.

Buku ini merupakan hasil penelitian, yang mengkaji mengenai tiga faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika yaitu pendekatan pembelajaran, model penilaian dan kemampuan numerik matematika. Ketiga faktor ini yang diselidiki pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas 7 pada tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengan Pertama (SMP) di Jakarta.