Minggu, 20 Desember 2020

MODUL PENCEGAHAN PENYAKIT DIABETES MELITUS (DM) TIPE 2

  • Desember 20, 2020
  • Penerbit NEM


Diabetes adalah penyakit kronis yang kompleks dan memerlukan perawatan medis berkelanjutan dengan strategi pengurangan risiko multi-faktor di luar kendali glikemik. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) memperlihatkan peningkatan angka prevalensi diabetes yang cukup signifikan, yaitu dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018; sehingga estimasi jumlah penderita di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang yang kemudian berisiko terkena penyakit lain, seperti: serangan jantung, stroke, kebutaan dan gagal ginjal bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2018). Angka prevalensi kejadian DM di Propinsi Maluku pada tahun 2018 mencapai 10%. Berdasarkan data laporan tahunan Dinas Kesehatan Kota Ambon, kejadian Penyakit DM tipe 2 tahun 2016 berjumlah 916 kasus, tahun 2017 meningkat menjadi 2.867 kasus dan tahun 2018 menjadi 3.547 kasus (laporan tahunan Dinas Kesehatan Kota Ambon, tahun 2019). Kondisi ini menunjukkan kejadian Penyakit DM tipe 2 di Kota Ambon setiap tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan.


Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menurunkan prevalensi diabetes di Indonesia, salah satunya adalah peningkatan promosi kesehatan. Permasalahan yang ditemui di lapangan adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur terutama mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, sehingga saat berkunjung ke puskesmas penderitanya sudah dalam kondisi sakit parah. Hasil screening risiko menderita penyakit DM tipe 2 di Puskesmas Nania Kota Ambon, didapatkan sebagian besar (82,2%) responden berisiko tinggi menderita penyakit DM tipe 2. Modul ini bertujuan sebagai media promosi kesehatan kepada kelompok risiko (usia ≥40 tahun) tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit DM tipe 2, sehingga dapat dicegah atau dikendalikan dan tidak terjadi komplikasi yang lebih berat.


Modul ini terdiri dari tiga bagian; modul 1 berisi konsep umum penyakit DM tipe 2, modul 2 berisi cara pencegahan penyakit DM tipe 2 dan modul 3 berisi cara penanggulangan penyakit DM tipe 2. Modul ini ditulis dengan harapan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyakit DM tipe 2, cara pencegahan dan penanggulangannya.