Minggu, 31 Januari 2021

PENDIDIKAN TEMAN SEBAYA: SOLUSI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

  • Januari 31, 2021
  • Penerbit NEM


 

Dunia pendidikan dan kesehatan merupakan hal yang mendasar yang menyentuh seluruh permasalahan dalam sosial kemasyarakatan. Kedua hal tersebut merupakan aspek penting yang berkontribusi terhadap peningkatan derajat hidup masyarakat khususnya di Indonesia. Pendekatan Peer atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai teman sebaya merupakan sebuah metode pembelajaran yang sudah banyak dikembangkan di luar negeri. Secara luas, “Peer” tidak hanya berbicara pada kelompok dengan usia yang setara atau remaja namun lebih kepada kepemilikan akan banyak persamaan dalam kelompok.

 

Dalam bookchapter ini berisikan konsep pendekatan teman sebaya yang dirangkum sebagai sebuah solusi dari problematika dalam dunia pendidikan dan kesehatan. Terutama saat bencana pandemic yang saat ini melanda, menjadikan teman sebaya sebagai bentuk support yang solutif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku serta motivasi dalam mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan dan sosial di masyarakat di era Pandemic Covid-19.

 

Bookchapter ini sangat penting untuk dijadikan sebagai sumber referensi para pendidik maupun tenaga kesehatan yang bekerja dalam memberikan edukasi kesehatan sebagai upaya promotif dan preventif di masyarakat. Selain itu, dengan adanya buku ini diharapkan dapat memberikan perspektif yang berbeda dalam meningkatkan kemandirian masyarakat dalam kelompok atau komunitas sebagai upaya mempertahankan kualitas hidup.