Senin, 01 Februari 2021

GAMBARAN PEMIMPIN DAN RAKYAT: Menurut Ibnul Muqaffa’, Ibnul ‘Annabi al-Jazairi dan Abdur Rahman al-Kawakibi

  • Februari 01, 2021
  • Penerbit NEM

 

Buku yang berjudul Gambaran Pemimpin dan Rakyat Menurut Ibnul Muqaffa’, Ibnul ‘Annabi al-Jazairi dan Abdur Rahman al-Kawakibi merupakan terjemahan dari kitab berbahasa Arab yang berjudul Ar-Ru’yah al-Fikriyyah fil Hakim war Ro’iyyah Lada Ibnul Muqaffa’ wabnul ‘Annabi wal Kawakibi karya Dr. ‘Umar bin Qayyinah.

Ibnul Muqaffa merupakan pemuka di bidang adab dan pemikiran pada abad pertama dan abad kedua hijriyah. Beliau memiliki pengaruh yang tinggi di bidang politik, pemikiran dan uslub. Alur pemikiran beliau searah dengan seorang tokoh yang bernama Ibnul Annabi al-Jazairi yang berhasil memperbaiki pengaruh pemerintahan dan pemimpin.

Ibnul Annabi al-Jazairi adalah seorang mufakkir Aljazair yang hidup di akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Ia hidup dalam masa yang buruk, semenjak Eropa mulai menjajah Aljazair. Sumbangan pemikiran beliau yaitu mengarang buku yang isinya ditujukan untuk  memperbaiki struktur pemerintahan, mulai dari perkantoran, prajurit, dan menjalin rasa kepercayaan antara rakyat dan pemimpin di Aljazair yang telah bobrok moralnya di berbagai bidang.

Abdurahman al-Kawakibi hidup pada 1849-1902 M, pada masa ini orang barat sudah mulai merasuki alur sejarah dalam peradaban Islam. Beliau tidak banyak berpendapat tentang konsep Pemerintah dan Rakyat. Yang dapat ditemukan adalah masalah Istibdad, Sifat dan Tingkatannya dalam Pandangan al-Kawakibi.