Minggu, 11 Desember 2022

Mengenal Hipertensi pada Kelompok Dewasa dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan

  • Desember 11, 2022
  • Penerbit NEM

         




Pembangunan di bidang kesehatan saat ini dihadapkan pada masalah triple burden diseases yang ditandai dengan perkembangan berbagai masalah kesehatan baik secara global, regional, maupun nasional. Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan dengan prevalensi yang terus meningkat dari waktu ke waktu dan menjadi penyebab kematian tertinggi serta memberikan tantangan dalam upaya penanganannya.

 

Kelompok dewasa menjadi salah satu kelompok usia yang mengalami peningkatan prevalensi hipertensi yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan adanya perubahan gaya hidup yang menjadikan kelompok dewasa berisiko dan menderita hipertensi (vulnerable). Oleh karena itu, diperlukan manajemen diri di kalangan masyarakat khususnya kelompok dewasa dengan masalah hipertensi.

 

Penerapan manajemen diri hipertensi pada kelompok dewasa memerlukan pendampingan secara berkelanjutan oleh tenaga kesehatan salah satunya perawat. Peran perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan, pendidik, dan konselor merupakan bagian penting dalam penanganan masalah hipertensi, melalui peran tersebut perawat dapat merancang dan memberikan berbagai intervensi keperawatan kepada kelompok dewasa dalam mencegah, menangani, dan mengendalikan masalah hipertensinya. 

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: