Senin, 23 Januari 2023

Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan

  • Januari 23, 2023
  • Penerbit NEM

                 





Buku ini mencoba memberikan sekaligus menyampaikan bagi mahasiswa atau kepada peneliti pemula khususnya mahasiswa kedokteran dan ilmu kesehatan agar mampu menyusun proposal maupun menyusun hasil penelitian secara bertahap.

Buku ini terdiri dari sepuluh topik, masing-masing topik disertai dengan contoh latihan dan evaluasi kasus menyangkut dengan pembahasan dengan topik yang dibaca. Sehingga dapat memberikan gambaran yang aplikatif, sederhana dan pada akhirnya mampu menyusun proposal, pengolahan data penelitian, sampai kepada penyusunan laporan akhir penelitian.

Pada bagian awal buku ini, penulis memberikan gambaran cara berpikir kritis sebagai langkah awal mencari merumuskan pertanyaan dengan jelas dan menemukan solusi masalah berdasarkan alasan yang kuat melalui pendekatan penelitian kedokteran dan kesehatan yang bersifat analitik beserta contoh penentuan jenis penelitian yang berdasarkan tujuan atau rumusan masalah penelitian yang akan dilakukan yang ada pada topik kedua dan ketiga.

Selanjutnya adalah topik ketiga, menjelaskan perbedaan populasi dan sampel penelitian, jenis metode sampling dan cara menentukan rumus besar sampel yang sesuai dengan hipotesis penelitian masing-masing. Selanjutnya konsep dasar pengukuran dan cara mengembangkan instrumen penelitian berdasarkan data, variabel, cara pengukurannya , penentukan skala ukurnya serta hasil ukurnya.

Buku ajar ini juga membahas tentang uji statistik dan inferensial, yang diharapkan para pembaca mampu menyusun statistik deskriptif, inferensial untuk kepentingan pengolahan dan analisa data yang disertai contoh kasus dan penyelesaiannya.

Selanjutnya, dua topik terakhir membahas dan memberikan gambaran bagaimana mahasiswa atau penulis pemula mampu menyusun laporan penelitian sesuai kaidah penulisan ilmiah serta mengetahui metodologi dan bisostatik yang cukup dan pengetahuan mengenai cara menilai validitas dan kegunaan dari suatu artikel atau jurnal ilmiah sebagai sumber pengetahuan yang shahih.

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: