Senin, 02 Januari 2023

Panduan Aplikasi Gizi

  • Januari 02, 2023
  • Penerbit NEM

                    





Perangkat lunak NutriSurvey 2007 (Nutrisurvey) merupakan salah satu perangkat lunak yang mampu menganalisis kandungan gizi dari beberapa bahan makan dan makanan jadi. NutriSurvey mampu memberikan informasi dalam bentuk persentase energi dan zat gizi menurut bahan makan atau makanan, persentase energi menurut waktu makan, sehingga dilengkapi dengan kemampuan melakukan perhitungan kebutuhan energi secara individual dan ilustrasi secara grafik berapa waktu yang bisa dibutuhkan untuk menurunkan atau menaikkan berat badan jika energi yang dikonsumsi dikurangi atau ditambah minimal 500 Kcal. NutriSurvey memberikan kesempatan untuk meng-update data zat gizi melalui penambahan makanan atau makanan yang belum ada dalam database, serta meng-update resep masakan atau perencanaan diet. Selain kemampuan tersebut di atas, NutriSurvey juga dilengkapi dengan kemampuan menghitung Diet History, Food Frequency. Di samping itu, NutriSurvey juga dilengkapi dengan kemampuan melakukan kebutuhan energi dan sekaligus pengolahan data antropometri secara kalkulator antropometri.

 

Mengolah data antropometri dapat dilakukan lebih cepat dan lebih mudah dengan WHO-Anthro untuk anak usia 0-5 tahun. Penggunaan perangkat lunak WHO-Anthro menjadi salah satu solusi dalam pengolahan data antropometri.

 

NutriClin adalah aplikasi untuk membantu pelaksanaan konsultasi atau konseling gizi. Dengan demikian, pemakai piranti lunak ini haruslah seorang konselor gizi/dietetik yang mengerti kaidah-kaidah dietetik dan mengerti langkah-langkah pokok konsling gizi.

 

Buku  ini disusun untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa maupun ahli gizi (Nutrisionis/Dietesien) di dalam memahami dan mampu mempergunakan aplikasi NutriSurvey, WHO-Anthro, dan Nutriclin.

 

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: