Kamis, 16 Februari 2023

Dendam & Cinta Keluarga Marxis

  • Februari 16, 2023
  • Penerbit NEM

                              


Novel “DENDAM & CINTA KELUARGA MARXIS” ini merupakan refleksi atas peristiwa pertengahan tahun 1960-an yang dampaknya  menjalar ke berbagai daerah, termasuk Semarang dan Pekalongan.

 

Dalam atmosfer Politik Nasakom yang digagas Ir. Soekarno, Jawa Tengah menjadi target PKI untuk dijadikan basis penganut Marxisme. Sasaran itu tidak hanya berkisar pada kalangan sipil, tetapi masuk area militer pula. Alhasil ketika meletus G30S/PKI di Jakarta, wilayah Kodam VII/Diponegoro menjadi sasaran pembersihan dari golongan komunis oleh massa anti PKI, yang disokong sepenuhnya oleh TNI Angkatan Darat.

 

Korban pun berjatuhan. Tanpa proses pengadilan, banyak orang yang menerima hukuman secara mengerikan. Tokoh dan kader PKI, Gerwani, Pemuda Rakyat, BTI, CGMI, IPPI, Lekra, Baperki dan lain-lain ditangkap, ditahan, disiksa dan dibantai. Semua itu menyisakan dendam dan kebencian. Apakah dendam itu masih mengalir hingga sekarang?

 

Andalas, Dewi Andalas, Bimo dan Arimbi melakukan operasi senyap dalam nuansa mistis. Melampiaskan pembalasan di berbagai kota di Pesisir Utara Jawa Tengah, termasuk di Kota Pekalongan. Siapa saja korbannya dan siapa yang bisa menghentikan dendam Keluarga Marxis ini?

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: