Rabu, 03 Mei 2023

Metodologi Penelitian Gizi

  • Mei 03, 2023
  • Penerbit NEM


 


Metodologi penelitian adalah suatu cara atau teknik untuk mendapatkan informasi dan sumber data yang akan digunakan dalam penelitian. Informasi atau data ini bisa dalam bentuk apa saja, literatur, seperti jurnal, artikel, tesis, buku, koran, dan sebagainya. Selain itu, metodologi penelitian bisa juga diperoleh melalui media elektronik seperti televisi atau radio. Bahkan sumber data bisa juga diperoleh dari survei atau wawancara. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir dan untuk menguji pemahaman mahasiswa akan materi yang dibahas, pada akhir setiap bab disajikan soal-soal evaluasi berupa soal esai.

 

Buku Metodologi Penelitian Gizi ini menyajikan materi yang lengkap mulai dari membahas Konsep Dasar Penulisan Proposal dan Hasil Penelitian, Validitas dan Reabilitas, Desain Penelitian, Uji hipotesis dan Satistik, Telaah kritis dan Presentasi Ilmiah, Informed Consent, Etika Penelitian dan Kesehatan Dasar, Pengumpulan dan Analisis data, Paraphrase, Cara Sitasi, Kesimpulan dan Saran, Penggunaan Search Engine dan Database online, Diseminasi karya ilmiah, serta Microsoft Office Dasar.

 

Sasaran kompetensi mata kuliah ini adalah menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.