Minggu, 16 Juli 2023

Buku Pintar Pengelolaan Diabetes Melitus : Pedoman untuk Family Caregiver

  • Juli 16, 2023
  • Penerbit NEM

         




 

Keluarga merupakan unit sosial terkecil di masyarakat yang anggotanya terikat satu sama lain melalui hubungan darah dan perkawinan. Peran keluarga adalah menjaga atau melindungi anggota keluarga yang sakit. Keluarga biasanya hanya bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pasien yang tidak dapat dipenuhi sendiri, sementara tenaga medis bertanggung jawab sepenuhnya untuk perawatan dan pengobatan pasien. Diabetes melitus adalah salah satu penyakit yang akan diderita sepanjang hidup, jadi tidak hanya dokter, perawat, dan ahli gizi yang merawat, tetapi juga partisipasi keluarga sangat penting.

 

Perawatan berfokus pada keluarga memungkinkan penderita dan keluarga memanfaatkan sumber daya untuk mencapai kesehatan dan kesejahteraan, memberikan perawatan holistik, bekerja sama dengan keluarga, memberikan bantuan perawatan, dan memberdayakan anggota keluarga untuk membuat rencana, menetapkan strategi, dan menilai apakah tujuan yang direncanakan tercapai.

 

Buku ini menjelaskan tentang: 1) Konsep Family Caregiver dalam Pengelolaan DM; 2) Pengelolaan Mandiri DM dalam Edukasi DM; 3) Pengelolaan Mandiri DM dalam Manajemen Diet; 4) Pengelolaan Mandiri DM dalam Aktivitas Fisik; 5) Pengelolaan Mandiri DM dalam Manajemen Obat; 6) Pengelolaan Mandiri DM dalam PGDM; 7) Perawatan Kaki Penderita Diabetik.

 

                                                     PEMBELIAN BUKU: