Minggu, 23 Juli 2023

Meningkatkan Kadar Trombosit Penderita Dengue Hemorrhagic Fever dengan Rebusan Daun Petatas Ungu (Ipomea Batatas L. Poir)

  • Juli 23, 2023
  • Penerbit NEM

                   








Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) atau yang biasa dikenal dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi akut endemik yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus, yang mana virus ini akan mengganggu kinerja pembuluh darah kapiler, sistem pembekuan darah, dan meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh, sehingga mengakibatkan terjadinya perdarahan-perdarahan. Trombosit adalah indikator utama pasien DHF, karena virus dengue menyerang monosit yang berfungsi membangun sistem imun tubuh. Sehingga manajemen peningkatan kadar trombosit sangat diperlukan.

 

Dalam buku ini membahas manajemen peningkatan kadar trombosit dengan pemanfaatan sumber alam lokal berupa tanaman Petatas ungu (Ipomoea Batatas L. Poir). Petatas ungu sebagai salah satu tanaman merakyat yang dikonsumsi umbinya dan daunnya sebagai sayur dan sebagai obat. Petatas ungu ternyata juga dapat dimanfaatkan pada kasus-kasus demam berdarah dan telah terbukti menunjukkan perbaikan degan pemberian air rebusan daun Petatas ungu dapat meningkatkan kadar trombosit pada pasien DHF. 


                                                    PEMBELIAN BUKU: