Kamis, 20 Juli 2023

Multiplikasi Spora Mikoriza Vesikular Arbuskula (MVA) pada Kombinasi Media Kultur dan Tanaman Inang

  • Juli 20, 2023
  • Penerbit NEM

                





Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA) berperan untuk mendukung pertumbuhan tanaman melalui peningkatan penyerapan nutrisi, ketahanan dan toleransi tanaman terhadap cekaman abiotik dan biotik. Pemanfaatan dan perbanyakan MVA sebagai agen hayati belum diaplikasikan secara maksimal oleh masyarakat, hal ini disebabkan informasi dan keterampilan tentang pemanfaatan dan perbanyakan MVA belum diketahui.

 

Dalam perbanyakan MVA dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam pemilihan media pembawa dan tanaman inang. Dewasa ini perbanyakan MVA umumnya menggunakan media pembawa yang memiliki bobot yang berat sehingga mengalami kesulitan dalam kegiatan mobilisasi, demikian juga penggunaan tanaman inang, sekarang ini pemanfaatan tanaman hanya menggunakan satu jenis dan belum dilakukan kombinasi antar tanaman legum dan non-legum.

 

Buku ini membahas pemanfaatan media pembawa yang ringan dan kombinasinya sehingga mempermudah dalam kegiatan mobilisasi. Penggunaan tanaman inang dengan mengombinasikan tanaman legum dan non-legum juga tidak lepas dalam pembahasan buku ini. Pada akhir bab akan disajikan bentuk sediaan propagoul MVA yang lebih mudah diaplikasi pada tanaman. Buku ini tidak hanya untuk kalangan mahasiswa, buku ini berkaitan dengan ilmu dasar biologi yang dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi pemerhati lingkungan, pelaku usaha agen hayati, dan pemangku kebijakan.

 

 

                                                     PEMBELIAN BUKU: