Senin, 23 Oktober 2023

Manajemen Sumber Daya Manusia : Pendekatan secara Human Capital Management dalam Dunia Kerja

  • Oktober 23, 2023
  • Penerbit NEM

 



Dalam dunia bisnis, setiap perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, jasa, maupun bidang lainnya memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan adanya suatu fungsi manajemen yaitu merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan. Salah satu cara yang diperlukan untuk menjalankan fungsi tersebut adalah dengan menerapkan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) secara efektif. Hal itulah yang menjadi landasan dan salah satu faktor penting yang menentukan sumber daya manusia sebagai modal atau aset yang harus dimanfaatkan oleh perusahaan dan dunia usaha.

 

Buku ini dimulai dengan memberikan pengenalan yang kuat tentang konsep dasar manajemen SDM, kemudian buku ini mengajarkan tentang konsep perbedaan human resource dan human capital termasuk pentingnya SDM dalam organisasi modern, serta peran strategis yang dimainkannya dan peran gaya pemimpin dalam mengelola organisasi. Buku ini juga membahas alur pemahaman awal hingga lingkup kerja departemen Human Resource, mulai dari analisis pekerjaan, rekrutmen dan seleksi, kompensasi, onboarding dan penempatan karyawan, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, pengembangan karier, hubungan ketenagakerjaan, audit SDM dan Human Resource Information System, serta MSDM dalam era digital.

 

Buku ini memberikan panduan komprehensif tentang praktik dan teori dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) secara pendekatan (Human Capital Management) yang dapat memberikan pengetahuan dan diterapkan dalam dunia kerja yang dapat ditujukan bagi para praktisi, mahasiswa, dan masyarakat umum yang tertarik dalam mempelajari manajemen sumber daya manusia.

 

                                                               PEMBELIAN BUKU: